"Ora Usah Melu Macam-macam"

 Ada suatu daerah di Jawa Tengah yang mayoritas berkultur nahdliyin (NU). Penduduk setempat sehari-sehari mengamalkan amaliah NU seperti tahlilan, qunut, wirid dan lain-lain. Aktivitas organisasi NU dan banom-banom-nya pun tumbuh subur termasuk banom pelajarnya, IPNU (Ikatan Pelajar NU).

Alkisah, di daerah tersebut, ada satu keluarga yang baru saja kehilangan sang ayah. Sebelum meninggal, si ayah tersebut berpesan kepada istrinya agar menjaga Nanang (bukan nama sebenarnya) putra semata wayangnya yang baru duduk di kelas X madrasah aliyah agar tetap berpegang pada ajaran Islam ahlussunnah wal jamaah dan tidak terpengaruh teman-temannya dari kota yang sering mengajaknya ikut pengajian sel tertutup seperti yang seringkali dipraktekkan kaum muda Islam di perkotaan. Intinya, sang ayah berpesan agar putranya tersebut dapat mengikuti jejaknya menjadi aktivis NU dengan bergabung ke IPNU.

Menjelang tahun ajaran berakhir, tiba-tiba Nanang bertanya pada ibunya, ”Bu, aku mau naik ke kelas XI Aliyah, tapi aku bingung dengan pilihanku, masuk IPA atau IPS ya?”.

Sang ibu pun menjawab, ”Ora usah bingung-bingung le, ingat pesan bapakmu dulu, ora usah melu (ikut) macam-macam, IPA atau IPS, melu IPNU aja le”, tandas sang Ibu. Lho?? 

SERI HUMOR "TERTAWA BERSAMA NABI" 2

Di Surga tak ada perempuan tua

 

Di lain kesempatan, seorang wanita tua datang kepada Nabi Muhammad SAW. minta didoakan untuk masuk surga.


"Belum tahukan Ibu bahwa surga tertutup bagi wanita-wanita tua?" sabda Nabi menggoda.


Mendengar sabda Nabi Muhammad itu, kontan si nenek meraung-raung, menangis. Nabi pun tersenyum, katanya, "Tenang-tenang. Apa Nenek belum pernah membaca firman Allah:


'Kami jadikan perempuan-perempuan surga itu menjadi gadis-gadis perawan yang penuh gairah cinta dan sebaya?" (QS Al Waqiah [56]: 35-37)


Mendengar sabda Nabi itu, barulah si nenek tertawa gembira.

 

SERI HUMOR "TERTAWA BERSAMA NABI"

CANDA NABI 

"Pemimpin agung kita, Nabi Muhammad SAW, mungkin belum banyak tahu bahwa Beliau ternyata memiliki sense of humor. Nabi Muhammad SAW, sebagai manusia, kadang-kadang juga berkelakar dengan sahabat-sahabatnya. Bedanya dengan yang lain, Rosulullah tidak pernah bicara tidak benar. Perhatikanlah kelakar pemimpin agung, Nabi Allah yang manusia itu".

1. Di Matanya ada putih-putihnya

Suatu ketika RosuluLlah SAW. berkata kepada seorang wanita Anshor, "Cepat jumpai suamimu. Dimatanya ada putih-putihnya." Mendengar perkataan Nabi itu, tanpa berfikir panjang, si wanita pun berlari-lari menjumpai suaminya penuh kekhawatiran.

"Ada apa Kau ini?" sambut suaminya heran

"Kata Rosulullah, dimatamu ada putih-putihnya."

Sang suami tertawa, katanya, "Lha setiap orang yang normal, dimatanya kan ada putih-putihnya, disamping ada hitamnya." (/@gusmus.net prod)