Pidato Penuh Haru Gus Mus Pecahkan Kebuntuan Muktamar NU


Pembahasan tata tertib (tatib) pemilihan Rais Aam di Muktamar NU ke-33 di Jombang berlangsung alot. Setidaknya terkait usulan menggunakan ahlul halli wal aqdi untuk memilih pimpinan tertinggi di tubuh Pengurus Besar NU itu. Karena usulan ini, sidang pleno membahas tatib yang dilakukan Minggu (2/8) deadlock. Bahkan sebelum deadlock, dalam pembahasan itu terjadi kericuhan antara kubu yang sepakat dan yang menolak.

Dikutip dari situs resmi NU, ahlul halli wal aqdi adalah institusi khusus yang berfungsi sebagai badan legislatif yang ditaati, berisi orang-orang berpengaruh dalam jamiyyah NU, dibentuk karena keperluan khusus pula.

Kericuhan dan kebuntuan di muktamar itu cukup menggelisahkan banyak pihak di NU. Untuk memecah kebuntuan, Senin (3/8), Pejabat Rais Aam NU Mustofa Bisri bersama dengan seluruh petinggi PBNU, Pengurus Wilayah NU, Rais wilayah NU meminta petunjuk dari para kiai sepuh. Dari sana kemudian didapatkan kesepakatan bahwa Rais Aam PBNU dalam Muktamar ke-33 ini akan dipilih oleh para Rais Wilayah NU. 


Do'a Ijazah Rasulullah SAW Kepada Sahabat Abu Bakar Ash-Shiddieq R.A.


اللهم إني ظلمت نفسي ظلما كثيرا ولا يغفر الذنوب إلا أنت فاغفر لي مغفرة من عندك وارحمني إنك أنت الغفور الرحيم
Allahumma innii zhalamtu nafsi zhulman katsiiran walaa yaghfirudz-dzunuuba illaa Anta faghfir lii maghfiratan min ‘indika warhamnii, innaKa Anatal Ghafuurur Rahiim.
(Ya Allah ya Tuhanku, aku sunggu telah banyak ‘menganiaya’ diriku sendiri dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau; maka berilah ampunan kepadaku ampunan dari sisiMu dan kasihilah aku. Sungguh Engkaulah Sang Maha Pengampun dan Maha Pengasih).
Dibaca dalam shalat, ketika sujud.

Gus Mus Berdakwah Dengan Ipad


Dulu, kiai salaf di pondok pesantren selalu identik dengan kitab kuning yang lusuh. Kini, identitas itu tak lagi berlaku bagi Gus Mus. Perkembangan teknologi membuat Gus Mus – pangilan akrabnya – membaca kitab-kitab kuning tak lagi dengan membawa kitab kuning, tetapi ia memanfaatkan fasilitas komputer tabled buatan Apple. “Kita sangat terbantu dengan teknologi modern ini,” ujar Gus Mus