Do'a Ijazah Rasulullah SAW Kepada Sahabat Abu Bakar Ash-Shiddieq R.A.


اللهم إني ظلمت نفسي ظلما كثيرا ولا يغفر الذنوب إلا أنت فاغفر لي مغفرة من عندك وارحمني إنك أنت الغفور الرحيم
Allahumma innii zhalamtu nafsi zhulman katsiiran walaa yaghfirudz-dzunuuba illaa Anta faghfir lii maghfiratan min ‘indika warhamnii, innaKa Anatal Ghafuurur Rahiim.
(Ya Allah ya Tuhanku, aku sunggu telah banyak ‘menganiaya’ diriku sendiri dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau; maka berilah ampunan kepadaku ampunan dari sisiMu dan kasihilah aku. Sungguh Engkaulah Sang Maha Pengampun dan Maha Pengasih).
Dibaca dalam shalat, ketika sujud.

Gus Mus Berdakwah Dengan Ipad


Dulu, kiai salaf di pondok pesantren selalu identik dengan kitab kuning yang lusuh. Kini, identitas itu tak lagi berlaku bagi Gus Mus. Perkembangan teknologi membuat Gus Mus – pangilan akrabnya – membaca kitab-kitab kuning tak lagi dengan membawa kitab kuning, tetapi ia memanfaatkan fasilitas komputer tabled buatan Apple. “Kita sangat terbantu dengan teknologi modern ini,” ujar Gus Mus

Peserta Sanlat SNMPTN Dikenalkan Perjuangan Ulama NU

Peserta pesantren kilat Sukses Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Sanlat- SMPTN) yang diselenggarakan PC GP Ansor Jombang bersama Yayasan Mata Air diajak wisata religi. Makam pendiri Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, KH Bisri Syansuri yang merupakan salah satu pondok terbesar di Jombang ini menjadi tujuan.

” Setiap kamis malam, santri-santri pesantren kilat kita ajak berziarah berwisata religi ke makam pendiri NU, yang kebetulan berada di Jombang. Mereka kita kenalkan bagaimana perjuangan para ulama ikut membangun bangsa ini,” tutur Zulfikar Dikhwanto ketua panitia saat memimpin rombongan kepada NU Online di Jombang, Kamis (23/5). 

Dikatakannya, selama pelaksanaan Sanlat, peserta berhak mendapatkan bonus wisata religi kemakam para ulama yang mendirikan organisasi islam terbesar di nusantara, yakni Jamiyah Nahdlatul Ulama.” Pekan lalu peserta sudah diajak ke Makam KH Wahab Hasbullah pendiri NU, di Tambakberas, sekarang ini ke Makam KH Bisri Syansuri dan lusa ke Makam KH Hasyim Asyari serta Makam Gus Dur,”tambahnya. 

Kegiatan bimbingan belajar SMPTN yang dikemas dalam Sanlat disamping memberikan materi akan dilakanakan selama 27 hari. Dalam kegiatan bimbel peserta mendapatkan materi soal-soal yang memang berbasis IPA dan IPS. ” Kegiatan belajar terbagi menjadi IV jam, dengan bimbingan tutor yang cukup berpengalaman,”tambahnya. 

Semantara dalam kegiatan wisata religi, yang diikuti sekitar 60 santri dari 6 kabupaten itu para santri dipandu tutor keagamaan. Mereka diajak membaca tahlil dan bedoa.” Beliau (KH Bisri Syansuri) merupapakan ulama ahli fiqih, dan pernah menjadi Rais Aam PBNU menggantikan KH Wahab Chasbullah,”ujar Agus Wafiul Ahdi, Lc, tutor keagamaan memberikan wawasan.

Yayasan MataAir Jakarta bersama PP GP Ansor menyelenggarakan pesantren kilat Sukses Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) di 25 kota.  SNMPTN sendiri sudah dilaksanakan 31 Mei dan 1 Juni 2011 silam dan hasilnya diumumkan tanggal 30 Juni 2011.  Saat ini sudah ada sekitar 80-an peserta yang lulus melalui jalur undangan SNMPTN di berbagai PTN favorit seperti UI, ITB dan UGM.