Selasa, 16 Januari 2018 01:30 WIB

Budayawan Darmanto Jatman Tutup Usia


Inna liLlahi wainna ilaiHi rojiun. Dunia sastra kembali kehilangan orang terbaikya. Budayawan Nasional, Darmanto Jatman tutup usia pada sabtu 14 Januari 2018 pada usia 75 tahun di RS Kariadi Semarang. Almarhum terkena penyakit kandung kemih dalam satu tahun terakhir. 

Darmanto Jatman  merupakan guru besar emiritus Universitas Diponegoro Semarang. Ia dikenal sebagai pendiri program studi psikologi di Fakultas Psikologi UNDIP. Banyak karya dan penghargaan yang diraihnya. Ia sangat akrab dengan dunia penyair dan para budayawan di Indonesia. Cak Nun, budayawan sahabat Darmanto Jatman menulis secara khusus catatan tentang almarhum yang diberi judul paviliun sorga. "Andaikan saya bisa melukis, yang bisa saya torehkan di kanvas adalah senyuman itu sendiri" tulis cak nun yang situs pribadinya caknun.com. Begitulah sosok lembut dan sederhana Darmanto Jatman.

Semoga sang Maestro Darmanto Jatman, Sastrawan dan Budayawan yang telah mendahului kita mendapatkan tempat yang layak di sisi Nya. Segala amal baiknya diterima oleh Allah dan diampuni segala kesalahannya. Amin